Info Terbaru 2022

Pengertian Asimilasi Yaitu Berdasarkan Hebat Beserta Contoh

Pengertian Asimilasi Yaitu Berdasarkan Hebat Beserta Contoh
Pengertian Asimilasi Yaitu Berdasarkan Hebat Beserta Contoh

Asimilasi Adalah – Halo, selamat datang, berjumpa lagi dengan tim hidup simpel, yak pada kesempatan kali ini kita akan menjawab pertanyaanmu wacana asimilasi adalah.


Mungkin dari kita yang berguru di sekolah sering mendengar asimilasi, bahkan terkadang di soal ada soal asimilasi adalah. Yak asimilasi merupakan cuilan dari bentuk interaksi sosial yang bersifat positif atau asosiatif.


Ok, eksklusif saja berikut materi wacana pengertian asimilasi yaitu berdasarkan para andal beserta contoh.



Pengertian Asimilasi Adalah


 yak pada kesempatan kali ini kita akan menjawab pertanyaanmu wacana asimilasi yaitu Pengertian Asimilasi Adalah Menurut Ahli Beserta Contoh
pexels.com

Asimilasi yaitu percampuran antara 2 kebudayaan atau lebih secara total dan menyeluruh yang dibarengi dengan hilangnya ciri atau karakteristik khas kebudayaan yang asli, yang pada alhasil membentuk kebudayaan baru.


Asimilasi ini ditandai dengan upaya mengurangi perbedaan antar kelompok. Supaya sanggup mengurangi hal tersebut, maka ada cara-cara di dalam asimilasi untuk mempererat kesatuan tindakan, perasaan, aliran dan perilaku dengan mempertimbangkan kepentingan dan tujuan bersama kelompok tersebut.


 yak pada kesempatan kali ini kita akan menjawab pertanyaanmu wacana asimilasi yaitu Pengertian Asimilasi Adalah Menurut Ahli Beserta Contoh
pixabay.com

Bagi kita asimilasi ini hampir seolah-olah dengan akulturasi dan terkadang kita galau untuk membedakannya. Asimilasi itu pada dasarnya yaitu budaya gres yang mana unsur orisinil sudah tidak ada sedangkan akulturasi yaitu gabungan dua budaya namun tidak hingga menghilangkan unsur aslinya.


Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia, terdapat 2 arti dalam kata asimilasi ditinjau dari segi linguistik dan pemahaman sosial.


Kalau Linguistik asimilasi berarti cuilan fenomena dan kejadian antar dua fenom yang terdapat tingkat perbedaan disertai lokasi yang saling berdekatan.


Sedangkan jikalau ditinjau dari segi sosial berarti asimilasi yaitu budaya gres dari peleburan 2 kebudayaan yang mana budaya orisinil sudah tidak ada atau hilang.


Supaya kau lebih puas lagi wacana pengertian asimilasi, sekalian nih saya bagikan ingormasi mengenai pendapat para andal yang mengerti wacana pengertian asimilasi. cekidot.



 yak pada kesempatan kali ini kita akan menjawab pertanyaanmu wacana asimilasi yaitu Pengertian Asimilasi Adalah Menurut Ahli Beserta Contoh
linkedin.com


Pengertian Asimilasi Menurut Vander Zanden


Pendapat pertama yaitu andal dari luar negeri yaitu Vander Zanden. Vander Zanden beropini bahwa asimilasi yaitu cuilan dari proses diantara 2 kelompok atau lebih melalui tahapan berfikir, saling toleransi, bertindak dan alhasil masing-masing kelompok tersebut bercampur kebudayaannya dan menjadi kesatuan.

Pengertian Asimilasi Menurut Koentjaraningrat (1996:160)


Koentjaraningrat merupakan andal dari Indonesia. Beliau sudah melaksanakan penelitian wacana asimilasi di Indonesia dan beropini bahwa asimilasi yaitu cuilan proses sosial di antara kelompok dengan kebudayaan yang berbeda terus tumbuh berkembang disertai dengan interaksi sosial yang kontinu dan serius. Karena hal itu alhasil unsur dan nilai budaya di tiap kelompok berpadu campur dan menghasilkan identitas atau budaya baru

Pengertian Asimilasi Menurut Alvin L Bertrand


Alvin L Bertrand memberi pengertian asimilasi yaitu Proses tingkatan sosial lanjutan yang terbentuk lantaran tiap kelompok atau golongan yang berbeda budayanya saling melaksanakan interaksi sosial secara eksklusif dalam kurun waktu lama, kemudian menghasilkan kebudayaan gres akhir perubahan budaya tiap-tiap kelompok baik dari unsur maupun secara keseluruhan.


Pengertian Asimilasi Menurut James Danandjaja




Menurut James Danandjaja, Asimilasi yaitu proses mengikuti keadaan masing-masing kelompok yang berbeda kebudayaanya (identitas dan karakteristik khas) yang seiringnya waktu masing-masing kebudayaan kelompok mengalami kemunduran dan alhasil menghadirkan kebudayaan baru.

Pengertian Asimilasi Menurut Milton M. Gordon


Berdasarkan bukunya yang berjudul Human Nature, Class, and Ethnicity yang diterbitkan pada tahun 1978, dia beropini bahwa asimilasi yaitu tahapan yang sanggup menjadi cuilan dari akulturasi, yang mana harus terjadi akulturasi terlebih dahulu supaya sanggup menghasilkan asimilasi.

Pengertian Asimilasi Menurut Seymour Smith


Seymour Smith mengemukakan pendapat yang berbeda dengan menyatakan bahwa asimilasi yaitu hasil dari akulturasi yang mana proses pembentukannya sangat lama.

Pengertian Asimilasi Menurut Ogburn dan Nimkoff




Ogburn dan Nimkoff beropini berdasarkan acuan dari para andal di atas dengan  mengartikan asimilasi yaitu hasil dari percampuran dari interaksi antara individu atau kelompok yang mempunyai kesamaan dalam hal sejarah, atau sikap. Selain itu mereka beropini bahwa asimilasi yaitu proses masuknya dampak budaya menuju budaya lain.



Pengertian Asimilasi Menurut Garbarino




Garbarino beropini bahwa Asimilasi yaitu hasil serapan dan adonan dari tiap kelompok dari mulai kebudayaan gres dari kebudayaannya yang usang yang terbentuk dari hasil serapan tersebut.



Pengertian Asimilasi Menurut Dejun Su, Chad Ricahrdson dan Guang Zen Wang




Dejun Su, Chad Richahrdson dan Guang Zen Wang yaitu andal dari sosiologi. Mereka mengartikan asimilasi yaitu proses terjadinya perubahan kebudayaan yang usang dan secara menyeluruh atau kompleks, mempunyai sifat keanekaragaman dari keterlibatan kelompok gres misalnya pendatang gres atau imigran yang melaksanakan interaksi sosial dengan kelompok pribumi dan mempelajari budaya yang mana menghasilkan kebudayaan baru.



Pengertian Asimilasi Menurut Kesimpulan Tim Hidup Simpel



Asimilasi yaitu budaya gres yang merupakan hasil dari proses perubahan budaya antar 2 kelompok atau lebih dalam kurun waktu usang disebabkan adanya interaksi sosial dan pembiasaan lingkungan yang baru

Syarat Asimilasi


 yak pada kesempatan kali ini kita akan menjawab pertanyaanmu wacana asimilasi yaitu Pengertian Asimilasi Adalah Menurut Ahli Beserta Contoh
stluciatimes.com

Setelah kita membahas panjang lebar wacana pengertian asimilasi beserta pengertian asimilasi berdasarkan para andal saatnya kita membahas syarat asimilasi.


Syarat asimilasi yaitu sanggup terbentuk apabila ada 3 syarat yang dipenuhi yaitu:


1. Adanya kelompok yang mempunyai kebudayaan yang tidak sama atau berbeda


2. masing-masing antar kelompok atau individu mempunyai kekerabatan yang intensif dan konsisten terjadi dalam waktu yang lama


3. Masing masing kebudayaan tiap kelompok tersebut sanggup menyesuaikan dan berubah satu sama lain,


Contoh Asimilasi


 yak pada kesempatan kali ini kita akan menjawab pertanyaanmu wacana asimilasi yaitu Pengertian Asimilasi Adalah Menurut Ahli Beserta Contoh
theweek.in

Banyak sekali teladan asimilasi di dunia ini, dari teladan asimilasi budaya hingga teladan asimilasi dalam kehidupan sehari-hari. berikut beberapa teladan asimilasi.


1. Kita kenal musik dangdut. Ternyata dangdut yaitu hasil perpaduan antara musik tradisional tempat dengan musik india.


2. Budaya Hindu di Bali. Kita tahu agama Hindu yaitu agama secara umum dikuasai masyarakat di Bali, tetapi untuk budayanya hindu di Bali yaitu hasil dari perpaduan budaya akidah animisme tradisional dengan agama Hindu yang dibawa dari luar Jawa yaitu India.


Dari proses asimilasi tersebut menghasilkan agama Hindu Dharma yang di dalamnya berbeda dengan tata cara praktik hindu di India atau akidah rakyat Bali masa lalu.


3. Bule yang tiba ke Indonesia menggunakan pakaian bikini ketika berada di pantai, Akhirnya ditiru orang Indonesia.


Faktor Faktor Asimilasi


Ada 2 faktor dalam asimilasi, yaitu faktor pendorong dan faktor penghambat terjadinya asimilasi. Berikut saya jelaskan masing-masing faktor tersebut.


Faktor Pendorong Asimilasi


 yak pada kesempatan kali ini kita akan menjawab pertanyaanmu wacana asimilasi yaitu Pengertian Asimilasi Adalah Menurut Ahli Beserta Contoh
allahsword.com

Faktor pendorong asimilasi yaitu faktor umum yang menjadi pendorong terjadinya asimilasi. Berikut beberapa faktor pendorong asimilasi


1. Toleransi . Toleransi yaitu perilaku atau perbuatan yang tidak ada diskriminasi  dalam kelompok yang berbeda. Makara masing masing kelompok tersebut menghargai kebudayaan kelompok lain, dan tiap-tiap kelompok tersebut mengakui kelebihan dan kelemahan masing-masing. Dengan begitu memudahkan mereka untuk saling mendekatkan diri dan mendukung kebudayaan-kebudayaan tersebut.


2. Sikap Terbuka. Masing masing pemimpin atau anggota mempunyai perilaku terbuka terhadap kelompok lain.


3. Perkawinan. salah satu faktor yang mendukung asimilasi yaitu perkawinan. Dua pasangan dari kelompok yang berbeda menikah yang sebelumnya tiap anggota keluarga atau kelompok menyetujui dan alhasil terjalin hubungan.


4. Persamaan Unsur Budaya yang umum atau universal


5. masing-masing kelompok mempunyai lawan yang sama, dan mereka secara sadar untuk meyakini kekuatan masing-masing.


6. Memiliki kesempatan yang sama dalam hal perekonomian


Faktor Penghambat Asimilasi


 yak pada kesempatan kali ini kita akan menjawab pertanyaanmu wacana asimilasi yaitu Pengertian Asimilasi Adalah Menurut Ahli Beserta Contoh
marde-rooz.com

Setelah kita membahas wacana faktor pendukung atau pendorong asimilasi, saatnya kita membahas wacana faktor penghambat asimilasi. Berikut beberapa faktor penghambat asimilasi.


1. Adanya kelompok minoritas yang memisahkan diri dengan kelompok lain atau terisolasi


2. Di masing-masing kelompok mempunyai prasangka negatif terhadap kelompok lainnya terlebih dengan dampak kebudayaan baru. Solusinya yaitu diadakannya forum kemasyarakatan.


3. Adanya kelompok yang merasa kelompoknya lebih istimewa atau unggul dan gembira dengan kebudayaannya dibandingkan dengan kelompok lain. Akibatnya kelompok tersebut tidak mau mengakui budaya kelompok lain.


4. Adanya perbedaan karakteristik fisik dari warna kulit hingga tinggi badan.


Demikianlah wacana balasan kau pengertian asimilasi yaitu beserta faktor pendorong dan faktor penghambat, supaya bermanfaat.


   Asimilasi adalah


Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90